Home / Berita Dan Opini / HASB Korda Lumajang-Jember Mulai Berkibar

HASB Korda Lumajang-Jember Mulai Berkibar

Alhamdulillah, baru kali ini nama Himpunan Alumni Santri Badridduja yang muncul atau diinisiatori di berbagai daerah mengatasnamakan nama pusatnya, yakni bernama “HASB”. Bedanya, jika di HASB induk tidak ada embel-embel nama daerah di belakang nama HASB, yakni cukup “HASB PUSAT”. Sementara HASB yang berada di setiap daerah, di belakang nama HASB terdapat (menyebut) nama darerahnya. Seperti yang baru-baru ini, Ahad, 13 Agustus 2017, telah didirikan nama forum alumni dan sekaligus lengkap dengan kepengurusan serta program kerjanya, berdiri “HASB KORDA LUMAJANG DAN JEMBER”. Tempat acaranya, di PP.Miftahul Islam, dibawah asuhan Ustadz Ihsan, di Kunir Lumajang. Acara dimulai pikul 10.00 – 14.00 WIB.

Peserta yang hadir, terdiri dari alumni di Lumajang, Jember, Ketua HASB, Pengurus SBI dan Divisi Kajian SBI, Pesantren Badridduja.

Berbeda dengan tahun-tahun masa dulu. Himpunan Alumni Badridduja di masa dulu — jika dilihat dari nama-nama — sepertinya tidak ada garis koordinasi dengan Himpunan Alumni yang di pusat. Misal, IKSABAL(Ikatan Santri Alumni Badridduja-Lumajang). IKSABAL berdiri tahun pada 1993, yang acara pertama berada di Jatimulyo Kec. Kunir dan saat itu penceramahnya, KH.Badri Mashduqi. Sementara untuk himpunan Alumni Madura, dengan nama, IKSAMA (Ikatan Santri Alumni Badridduja untuk Madura). IKSAMA berdiri pada 1985 dengan acara pertama kali “Halal Bihalal” bertempat di Sumenep, dan penceramahnya, KH.Badri Mashduqi. Ada juga bernama di masa dulu, seperti HISAP (Paiton), IKSAB (Besuki). Dan yang baru muncul, geliat dari Alumni Muda, “AMB (Alumni Muda Bangkit)”. AMB ini adalah mayoritas alumni muda angkatan 2000.

Karena itulah, saatnya perahu besar bernama HASB PUSAT memainkan “mesin organisasinya” dengan tetap ada garis komando dan garis koordinasi antarhimpunan alumni di berbagai daerah. Sehingga keberadaan himpunan Alumni yang berada atau muncul di berbagai tak sekedar ada dengan pernak-pernik program kegiatannya tapi bagaimana sejatinya membangun organisasi yang “termenej” dengan rapi dan organisatoris.

Kita patut bersyukur, alumni Badridduja di Lumajang dan Jember cukup tanggap, sigap dan mantap. Alumni Lumajang dan Jember merasa mempunyai kepedulian bagaimana semestinya membangun organisasi HASB yang profesional.

Pada hari Ahad kemarin, 13 Agustus 2017, telah berlangsung pembentukan pengurus “HASB KORDA LUMAJANG DAN JEMBER”. Itulah contoh yang patut diapresiasi. Dalam hal ini juga tidak lupa peran Ustadz Ihsan, selain dia yang turba sendiri ke alumni-alumni Lumajang dan Jember. Pun dia siap menjadi tuan rumahnya, siap ditempati dan siap konsumsi.

Program kerjanya HASB KORDA LUMAJANG DAN JEMBER :

1. Pertemuan untuk tiga bulanan, dengan mendatangkan jajaran Pengasuh PP.Badridduja.
2. Arisan dan infaq seikhlasnya.
3. Program tahunan dihadiri alumni, simpatisan dan ikhwan Tijani.

Program tersebut merupakan hasil kesepakatan atau musyawarah mufakat Alumni Lumajang dan Jember. Dan untuk agenda akan datang, berkumpul lagi di tempat yang sama, di PP.MIFTAHUL ISLAM (Pengasuh Ust.Ihsan). Hari dan Tanggal acaranya, Ahad, 15 Oktober 2017. Pada acara ini diagendakan untuk mendatangkan jajaran Pengasuh PP.Badridduja.

Pengurus baru “HASB KORDA LUMAJANG DAN JEMBER”, yaitu :

I. Pelindung :

Jajaran Pengasuh PP.Badridduja

II. Penasihat :

1. H.Syamsuri Damanhuri (Ketua HASB PUSAT)
2. Ust. Hasyim (alumni senior di Lumajang)

III. PENGURUS

1. Ketua : Ust. Ihsan
2. Sekretaris :
– Zainul Mustofa
– Sufyan Tsauri
3. Bendahara :
– Norhayati
– Ahmad Rofiq

Korda-Korda
A. Korda Utara (meliputi: Gedung Jajang dan Klaka)
– Ahmad Rofiq
– Mudaim
– Zainul Mustofa
B. Korda Tengah (meliputi: Tanggung s/d Tekung)
– Jumar
– Syarifuddin
C. Korda Selatan (meliputi: Kunir, Yosowilangun, Tempeh dan Pasirian)
– Zainuri
– Jamila
– H.Misnali
D. Korda Jember
– Sufyan Tsauri
– Moh. Ishaq

Lembaga Syaikh Badri Institute (SBI) mengucapkan Selamat dan sukses atas berdirinya dan terbentuknya Pengurus “HASB KORDA LUMAJANG DAN JEMBER”.

Kraksaan, 14 Agustus 2017

Ttd. Ketua Syaikh Badri Institute (SBI)

SAIFULLAH
Publisher : Abdullah Afyudi

About admin

Check Also

Agenda Penulisan Buku Sejarah Tarekat Tijaniyah di Indonesia dan Tokoh-Tokohnya

Dalam rangka mengabadikan dan mengetahui serta meneladani peranan tokoh-tokoh (Muqaddam/Muqaddamah) Tarekat Tijaniyah di Indonesia, lembaga …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *